Minggu, 08 April 2012

Prajab... Oh.. Prajab ..


Kangen ngeblog lagi. Sumpah. Lama tak mengunjunginya, membuat saya rada kikuk untuk mulai bercerita. Hiatus karena berbagai alasan. Dalam 3 bulan terakhir saya disibukkan dengan berbagai diklat dan pelatihan. Biasalah, masih anak baru di kantor, jadi selalu diutus untuk disuruh belajar dan belajar. Saya sih, senang-senang saja, karena bisa lepas dari yang namanya rutinitas kantor dan bertemu dengan orang-orang baru. Dan diklat identik dengan kegiatan penyegaran pikiran dan wawasan. 

Dari beberapa pelatihan yang saya ikuti, Diklat Prajabatan yang sangat berkesan. Lha iyalah, inilah momentum perubahan status saya sebagai abdi negara dari CPNS menjadi PNS. Alhamdulillah, diklatnya sudah terlewati dengan segala suka dan dukanya. Keriangan di minggu pertama, kegundahan dan kejenuhan di minggu kedua, dan kelegaaan di minggu ketiga. Tiga minggu di tatar dan dicekoki dengan segala urusan dan ilmu kepemerintahan dengan sistem semi militer bertujuan untuk menjadikan kami pelayan masyarakat yang memiliki knowledge, skill dan attitude

Kegiatan diklat berlangsung dari 05.30 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB, dimulai dengan kegiatan senam dan apel pagi dan ditutup dengan apel malam disaat keletihan sudah pada puncaknya. Berpisah dengan keluarga dan sistem pembelajaran class learning membuat kami merasa seperti kembali pada kehidupan anak sekolahan, sehingga kadang bertingkah seperti anak-anak SMA pada umumnya. Lucu, geli dan kadang juga menjengkelkan. 

Dan saya mengalami kejenuhan pada minggu kedua, ketika kondisi tubuh sudah tidak sanggup untuk bertahan. Pelatihan semi militer seperti disiplin, prinsip satu untuk semua, semua untuk satu, penebusan kesalahan dengan kegiatan fisik dan termasuk kondisi siap siaga tiba-tiba dibangunkan tengah malam, apel dengan kelengkapan atribut serta siap menanggung resiko dengan disuruh berendam di kolam. Semua saya jalani dan pada akhirnya tumbang dan di diagnosa mengalami ISK karena kurang minum dan kecapean. 

Tapi semua itu tertebus ketika ujian akhir selesai dan saya dinobatkan sebagai peringkat dua di kelas. Wkwkwkwk...ini yang membuat saya geli kalau mengingat hal ini. Karena sebelumnya, di sela-sela waktu istirahat kami di kamar, saya dan dua rekan sekamar lainnya bercanda mengenai siapa yang akan meraih peringkat juara di diklat ini. Dan saya dengan antengnya menyebutkan saya harus mempersiapkan diri untuk maju ke depan forum ketika upacara penutupan untuk menerima ucapan selamat karena juara dua. Suer, teman,,itu hanya ucapan iseng dan tidak pernah terencana dalam fikiran saya untuk hal tersebut. Dan, saya tidak tahu kenapa hal itu menjadi nyata. Alhamdulillah,,walaupun hingga kini saya masih suka ngakak kalau mengingat hal tersebut. Dan yang membuat kami bersuka ria pada akhir diklat adalah karena juga dari 7 (tujuh) utusan kantor, Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi, 4 (empat) orang diantara kami mendapatkan peringkat di kelasnya masing-masing. Ini artinya bahwa kami bertujuh bisa menjadi kebanggaan bagi instansi kani di tingkat SKPD lainnya di Provinsi Jambi. 

Saat ini kami sudah kembali lagi ke instansi masing-masing dengan membawa bekal dan insyaAllah apa yang telah kami dapatkan dapat menjadikan kami menjadi abdi negara sesuai dengan harapan dan keinginan ibu pertiwi. Dan pada akhirnya, kami sepakat bahwa Diklat Prajabatan ini indah untuk dikenang tapi tak indah untuk diulang. Cukup sekali ini saja, hehehe...

Check this photos, pals..
Sengaja yang saya tampilkan yang indah-indah saja, biar ia menjadi kenangan terindah selalu...


Ceria di hari pertama

Penghuni kamar 11 Asrama 1

Prajab Putri BLHD

Prajab Putri BLHD in action

Yang single ngalah jadi tukang photo, nyonya2 mau narsis.. **


BLHD team

di hari penutupan, senyum pada mengembang semua

semakin lebar menunggu kepulangan

Angkatan II Kelas 2A

di sela-sela jam istirahat

jam belajar malam


3 komentar:

zasachi mengatakan...

Hahahaha ochaaa... unyu-unyu pictnya.. hahahah serasa masih muda ya wkwkwkwkwwk *plak!*

Eh, ocha boleh ya pake jilbab putih, kalo aku diklat jilbabnya musti hitam.. :D

Eh, selamat ya cha, akhirnya terlewati juga diklat prajabnya...

pencari jejak mengatakan...

hihi
kembaran jauh saya di Medan memutuskan untuk mundur dari Prajab lho

alasannya cuma karena saya si kembarannya di jawa mau menyebrang ke Lombok guna mendaki Rinjani lho. :D

Geafry Necolsen mengatakan...

Hebat donk juara II..
anyway, selamat ya :D
mudahan masih terus ngeblog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...